Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Materi Energi Listrik 1

Posted by nurbaiti-ekasari 16.16, under | No comments

Memberi Tenaga Pada Dunia kita

Presentasi Energi Listrik untuk siswa SD Kelas VI semester 1 Sekolahalam Palembang
By : Nurbaiti Ekasari

Mengenal Energi listrik Yuk!
Listrik ada dimana-mana..dari lampu yang membantu kita melihat sampai oven yang mematangkan makanan atau AC yang mendinginkan tubuh kita, kita dikelilingi oleh listirk. Listrik memberikan tenaga pada dunia kita!

MAU TAHU?
Semua benda yang ada di dunia terdiri dari ATOM-ATOM, dan setiap atom mengandung sedikit listrik yang terdiri dari PARTIKEL-PARTIKEL yang lebih kecil lagi. Gugus yang ada di tengahnya disebut NUKLEUS,
dan partikel yang mengelilinginya disebut ELEKTRON.
Setiap elektron memiliki sedikit energi listrik yang disebut MUATAN. Ada dua jenis muatan listrik yaitu: muatan Positif dan muatan Negatif. Hebatnya..nukleus yang ada di pusat setiap atom terdiri dari neutron dan proton. Neutron tidak memiliki muatan, sedangkan Proton memilki muatan positif.

APA LAGI YA..?
Elektron bisa melompat dari satu atom ke atom lain (hi..hi.. Kayak kelinci dong!) Atom yang memiliki lebih banyak proton dari pada elektron, bermuatan positif. Atom yang memiliki lebih banyak elektron daripada proton, bermuatan negatif. Muatan positif dan negatif dalam atom inilah yang mengendalikan cara atom bergerak. Atom-atom yang muatannya berlawanan akan saling tarik-menarik.. Tarik tambang kalee..!

TAPI, GIMANA BISA KITA MEMBUAT ELEKTRON MELOMPAT?
Saling menggosokkan dua benda merupakan cara yang bagus untuk membuat elektron melompat dari satu atom ke atom yang lain.
Contohnya: gosok-gosokkan kaus kakimu pada karpet, kemudian peganglah knop pintu yang terbuat dari dari logam/besi. Lalu, amati apa yang terjadi? Tapi ingat ya..! Jangan gunakan kaus kakimu yang bau.. He,he..
Elektron-elektron dari atom karpet akan melompat ke atom kaus kakimu. Elektron-elektron ekstra ini bergerak melalui kaus kakimu ke tubuhmu dan memberimu muatan negatif. Elektron-elektron ekstra di jarimu kemudian menarik atom-atom positif pada knop pintu, pada saat itulah… "Ouch! Aku KESETRUUMM!"


TAPI KITA TIDAK BISA MENYALAKAN TV DENGAN KAUS KAKI KITA..
Lalu, dari mana listrik itu berasal?

Ikuti petualangan “Aksi Selamatkan Bumi” di episode selanjutnya…

0 komentar:

Posting Komentar

Tags