Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Materi Energi Listrik 2

Posted by nurbaiti-ekasari 15.31, under | No comments

“ENERGI UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK”
Untuk Siswa SD kelas VI semester 1 Sekolahalam Palembang
By: Nurbaiti Ekasari


UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK, Kamu membutuhkan…ENERGI. Energi bisa ditemukan pada banyak sumber daya alam di bumi. AIR mengandung energi yang melimpah, begitu pula ANGIN yang ditangkap melalui kincir angin. Bahkan BATUBARA yang ditambang jauh di bawah tanahpun, penuh dengan ENERGI. Bagaimana kita mengubah sumber-sumber energi ini menjadi listrik yang lebih kuat ya..?

SUMBER-SUMBER ENERGI
Energi yang dapat diperbarui, yaitu: Sumber yang tidak bisa habis sepenuhnya. Contohnya : AIR di sungai,  dan panas dari MATAHARI. Sedangkan Energi yang tidak dapat diperbarui, yaitu: Energi yang suatu saat nanti bisa habis. Contohnya : Energi dari Batubara, dan Minyak Bumi. Sumber-sumber energi tersebut diubah menjadi energi listrik di pusat pembangkit listrik.

Pusat Pembangkit Listrik TENAGA BATUBARA
Di Pusat pembangkit listrik, batubara dibakar untuk memanaskan ketel air dan menghasilkan uap. Uap bergerak di sepanjang pipa menuju sebuah mesin yang di sebut TURBIN. Di dalam pipa baja itu uap melintas melewati baling-baling turbin dan memutar magnet raksasa di bagian dalam generator.

GENERATOR PUSAT PEMBANGKIT LISTRIK
Turbin adalah uap dari air yang mendidih yang menggerakkan baling-baling mesin. Turbin memutar sebuah magnet raksasa yang menyebabkan elektron melompat dari atomnya. Elektron-elektron yang melompat ditangkap dan didorong di sepanjang kumparan kawat. Elektron-elektron yang bermuatan mengalir keluar dari generator dalam bentuk listrik. Itulah proses mengubah Energi Batubara menjadi Energi Listrik! Luar biasa ya..? Nah, begitupula yang terjadi pada Kincir Angin yang menghasilkan tenaga dengan cara yang kurang lebih sama, tapi yang menggerakkan turbin adalah angin yang bertiup, bukannya uap. Kalo ga ada angin, apa yang terjadi ya? Air yang mengalir deras juga bisa menggerakkan turbin.

MAU TAHU?
Begitu dihasilkan, listrik harus segera disalurkan dari generator ke rumah kita. Listrik yang dihasilkan pada generator bergerak di sepanjang kabel-kabel listrik yang ada di sepanjang jalan atau bahkan di depan rumah kita. Di beberapa tempat, kabel-kabel listrik itu diletakkan di bawah tanah. Listrik yang mengalir di sepanjang kabel sampai ke rumah kita disebut: LAYANAN DARI PINTU KE PINTU.
Bagaimana? kalo udah cape..kita istirahat dulu yuk!

0 komentar:

Posting Komentar

Tags