Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Ayo Hemat Energi !

Posted by nurbaiti-ekasari 12.20, under | No comments

“AKSI SELAMATKAN BUMI” DENGAN HEMAT ENERGI

Sehubungan dengan masalah kelangkaan energi yang kita hadapi sekarang ini, kita harus menghemat energi. Bagaimana cara menghemat energi? Ayo cermati uraian berikut ini.

1. Mempraktikkan Cara Menghemat Energi di Rumah
Energi sangat penting dalam kehidupan manusia. Kegiatan kita dalam kehidupan sehari-hari banyak menggunakan energi, misalnya: mencuci, menyetrika, memasak, belajar, bekerja, dan sebagainya.

Kendaraan mobil, kapal, dan kereta api, dapat bergerak karena energi kimia yang terkandung di dalam bahan bakar. Kita dapat tumbuh dan bekerja karena energi kimia yang terkandung dalam makanan. Di malam hari, kita dapat melihat karena adanya cahaya yang dihasilkan dari energi listrik. Makin banyak energi yang digunakan, semakin banyak uang yang dikeluarkan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan energi sehemat mungki sehingga tidak terjadi pemborosan energi atau tidak ada energi yang terbuang percuma.
a. Penghematan Energi di Rumah
Untuk mengetahui penggunaan energi listrik di rumah, lakukanlah kegiatan berikut.
1. Catatlah alat-alat listrik di rumah kamu yang selalu dipergunakan setiap malam.
2. Perhatikan dan amati alat pengukur penggunaan daya listrik (kWh meter).
3. Catatlah angka yang tertulis di kWh meter pada jam 18.00, kemudian catat kembali pada pagi hari jam 06.00 (selama 12 jam).
4. Untuk mengetahui jumlah pemakaian energi listrik, caranya adalah angka kWh meter pagi hari dikurangi angka kWh meter sore hari. Salinlah tabel berikut, kemudian catat hasilnya.

5. Lakukan kembali kegiatan tersebut dengan mencatat waktu yang sama pada malam yang berbeda. Kemudian, alat-alat listrik yang tidak begitu penting jangan dipergunakan.
6. Bandingkan jumlah pemakaian energi listrik malam yang pertama dengan jumlah pemakaian energi listrik pada malam berikutnya. Lebih kecil atau lebih besarkah pemakaian energi listrik tersebut? Mengapa demikian?
7. Apa yang dapat disimpulkan?
Dari kegiatan tersebut, tentunya kamu dapat mengetahui cara menghemat energi listrik di rumah. Coba kamu cari cara menghemat energi yang lainnya.
b. Penghematan Energi di Sekolah
Apakah di sekolahmu ada penerangan lampu? Kamu dapat menghemat energi di sekolah dengan cara:
1) Jika ruangan tidak gelap, sebaiknya listrik jangan dinyalakan.
2) Gunakan alat-alat yang hemat energi listrik.
2. Alasan Penghematan Energi
Mengapa kita harus menghemat energi? Sumber daya alam tidak dapat diperbarui, persediaannya terbatas, misalnya minyak bumi. Untuk itulah kita harus menghemat energi-energi yang ada. Alasan - alasan lainnya adalah sebagai berikut.
a. Listrik
Penggunaan listrik yang berlebihan akan menimbulkan pemutusan aliran listrik secara mendadak. Misalnya, setrika kita nyalakan terus tanpa digunakan dan dimatikan, setrika tersebut akan panas, melebihi dayanya. Dapat kamu bayangkan apa yang terjadi?
b. Kompor
Kita sering mendengar terjadi kebakaran yang diakibatkan oleh kompor yang sudah tidak digunakan lagi tetapi masih menyala. Akibatnya, bahan bakar habis dan terjadilah ledakan. Untuk menghindari hal itu, marilah kita matikan kompor kalau tidak digunakan lagi.

Sumber :
Zein, Ahmad Zulfikar dan Rahman, Asep, 2009, Mengenal Alam IPA VI : untuk SD/M I Kelas VI, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 74 – 76.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags