Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Bengkel Kreatifitas Listrik

Posted by nurbaiti-ekasari 11.23, under | No comments

Berkat eksperimen ilmiah dengan listrik dan magnet yang pernah dilakukan William Faraday, maka saat ini dapat dibuat sejumlah besar listrik. Listrik dapat dibawa melalui kawat dari pusat pembangkit listrik ke rumah. Listrik dapat diubah menjadi cahaya, panas dan energi mekanis. Setiap menyalakan lampu kalian melengkapi jalur listrik yang di sebut Sirkuit. Sirkuit memungkinkan arus listrik mengalir ke alat-alat listrik. Sebelum tahun 1950-an sebagian besar rumah telah dipasangi kawat untuk menerima listrik dan saat ini masih ada beberapa wilayah di dunia yang tidak mempunyai listrik sama sekali. rumah kita memperoleh listrik dari pembangkit listrik.

PERMAINAN URAT SYARAF
1. Kalian memerlukan bola lampu kecil 6 volt dan alasnya yang dapat di beli di toko listrik. sematkan 2 kawat berisolasi yang panjang pada sisi-sisinya
2. Buatlah lingkaran dengan kawat tipis dan hubungkan dengan kawat berisolasi yang panjang. pasanglah sedotan plastik di sekitar sambungan untuk membuat pegangan.
3. Sekarang mintalah orang dewasa untuk membentangkan kawat gantungan baju dan tekuklah berliku-liku, sematkan kawat yang tak dibungkus pada satu sisi alas bola lampu, dan ujung lainnya kedua baterai.
4. Sematkan lingkaran kawat pada ujung baterai yang lain. untuk memegang kawat pada kutub baterai dapat digunakan malam.
5. Sembunyikan kedua baterai di dalam polystyrene dan letakkan kawat yang di bengkok-bengkokan di bagian atas. lingkaran kawat di jalankan sepanjang kawat. jika bola lampu menyala cobalah lagi.

GAGASAN CEMERLANG
1. Buatlah permainan yang lebih sulit dengan membuat lingkaran kawat yang lebih kecil. tambahlah panjang sirkuit dengan kawat yang lebih panjang. sekarang kalian dapat membuat lebih banyak tekukan.
2. Peragakan bagaimana sirkuit pendek terjadi dengan membuat sirkuit tertutup sederhana dengan kawat yang tak di bungkus. letakkan konduktor logam seperti obeng, melintang pada kawat bola lampu akan mati
3. Cobalah menambah baterai apa yang kalian lihat?berapa lama bola lampu bertahan?

MENGAPA TERJADI ?
aliran Elektron di sirkuit yang lengkap disebut arus listrik. elektron mengalir dari kutub negatif pada baterai ke kutub positif. pada permainan ini sirkuit lengkap jika lingkaran kawat yang tak di bungkus membuat kontak dengan kawat yang tak di bungkus, sehingga menghubungkan bola lampu dengan baterai.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags