Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Fakta Lain Tentang Listrik

Posted by nurbaiti-ekasari 13.34, under | No comments

Fakta lain tentang listrik
1. pada tahun 1752, seorang penemu bernama Benjamin Franklin menerbangkan sebuah layang-layang saat sedang hujan badai untuk membuktikan bahwa kilat adalah listrik. Ketika layang-layangnya memasuki awan gelap, listrik bergerak menuruni benangnya ke arah kunci yang Franklin pasang di ujung bawah benang. Saat Franklin menyentuh kunci tersebut, dia tersetrum. Seksperimen menyakitkan ini meyakinkan Franklin bahwa kilat dan listrik itu sama.

2. sebenarnya kilat adalah wujud ekstrem dari listrik statis. Didalam awan badai partikel-partikel kecil, saling menggosok sehingga menghasilkan muatan listrik negatif. Listrik negatif ini menyebar turun ke arah listrik positif, yang mulai naik dari tanah. muatan yang berlawanan itu bertemu dan membentuk petir yang menyilaukan.

3. pada tanggal 21 oktober 1879 seorang penemu bernama Thomas Edison menciptakan Bohlam lampu pijar. Hampir tiga tahun kemudian, dai mendirikan pusat pembangkit listrik pertama di New York City. Tak lama setelah itu ribuan penduduk Amerika pun menerangi rumah mereka dengan bohlam buatan Edison.

4. badai dipenuhi dengan listrik alam, tapi langit yang cerah juga memiliki energi. Tenaga Matahari adalah sumber energi yang dapat diperbarui. panel-panel yang didesain khusus yang disebut sel menangkap cahaya Matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

5. Kabel-kabel yang mengalirkan listrik ke rumah kita sangatlah berbahaya. Lalu mengapa burung bisa bertengger dengan aman di atasnya? Listrik selalu mencari jalan terpendek ke tanah. karena burung tidak menyentuh tanah, listrik terus bergerak dengan aman di sepanjang kabel. Tapi kalau seseorang menyentuh kabel tersebut saat dia sedang menyentuh tanah, dia bisa mendapat setruman listrik yang mematikan.

6. Listrik juga bisa dihasilkan lewat proses Fusi Nuklir. Sepanjang proses ini atom-atom saling di tumbukkan agar menghasilkan elektron ekstra. Elektron-elektron tersebut menghasilkan energi untuk menjerang air dan menggerakkan turbin. Seperti tenaga matahari, energi nuklir tidak mencemari udara. Sayangnya energi tersebut menghasilkan limbah yang berbahaya.

7. listrik seringkali menghasilkan polusi yang bisa membahayakan lingkungan. Untuk membantu mengurangi listrik yang digunakan di rumahmu, gantilah sedikitnuya satu bihlam lampu pijar, dengan lampu fluoresen. Lampu tersebut hampir 13 kali lebih tahan lama dan hemat listrik. Kalau setiap rumah mengganti 1 bohlam saja, jumlah polusi yang di cegah akan sama dengan menggarasikan 1 juta mobil.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags