Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Green Family

Rabu, 22 Desember 2010

Lesson Plan SD VI

Posted by nurbaiti-ekasari 18.18, under | No comments

LESSON PLAN  KELAS VI SD Sekolahalam Palembang
SEMESTER      : I (SATU)
PERIODE          : 2010-2011
TEMA                : ENERGI LISTRIK

A. Curricullum  : CARACTER BUILDING (AKHLAQUL KARIMAH)

Compempetency : Siswa mampu bertanggung jawab dan disiplin terhadap apa yang digunakan dalam kesehariannya terutama dalam penggunaan listrik.
Approach : Role Model, Story telling. Method : Mematikan lampu belajar setelah digunakan dan mematikan kipas angin/AC apabila tidak digunakan. Reference : QS. Al-Baqarah : 30

B. Curricullum  : PHYLOSOPHY OF SCIENCE

1. ARABIC Competency 
Learning objective : Siswa paham dan tahu beberapa kosa kata Bahasa Arab yang berhubungan dengan energi listrik. Approach : Role Model,  Experience. Method : Mencari kosakata tersebut dalam buku/kamus Bahasa Arab dan Talaqi. Reference : Buku dan Kamus Bahasa Arab.

2. INDONESIAN Competency
Learning objective : Siswa mampu memahami isi dari sebuah cerita mini, siswa mampu bercerita tentang kegunaan energi listrik. Approach : Story telling, Experience. Method : Membaca sekilas atau beberapa pengulangan sebuah cerita mini kemudian  siswa  menceritakannya kembali. Reference : Komik cerita tentang Listrik.

3. ENGLISH Competency
Learning objective : Siswa paham dan tahu kosakata yang berhubungan dengan energi listrik dalam Bahasa Inggris. Approach : Role model Experiance. Method : Mencari kosakata tersebut dalam buku/kamus Bahasa Inggris. Reference : Buku dan kamus B. Inggris.
                            
4. SCIENCE Competency
Learning objective : Siswa tahu “energi tidak dapat diciptakan dan di musnahkan (Hk. kekekalan energi)”. Approach : Experiment and Experience. Method : Membuat rangkaian listrik sederhana menggunakan batere, lampu, kabel listrik dan berdiskusi mengenai berbagai kegiatan dan aktivitas yg menggunakan energi listrik serta mencari tahu bagaimana energi listrik bisa berubah. Reference : Buku SAINS dan experiment.

5. MATH Competency
Learning objective : Siswa mengetahui aliran listrik dapat diketahui dan dapat dihitung berapa jumlah  penggunaannya dalam waktu tertentu. Approach : Experiment, Experience. Method : Diskusi membahas materi tersebut dengan praktek menggunakan benda-benda yang berhubungan dengan listrik seperti bohlam, iron, dsb. Reference : Buku yang relevan.

6. SOCIAL Competency  
Learning objective : Siswa paham bahwa energi listrik penting dan harus dilakukan upaya penghematan energi. Approach : Experiment, Experience. Method : Siswa langsung melakukan penghematan energi listrik dalam kesehariannya. Reference : Buku yang relevan

7. ICT Competency
Learning objective : Siswa mampu membuat game sederhana dengan tema energi listrik dan mampu mempromosikan ke teman-temannya untuk dijual. Approach : Experiment, Role model.  Method: Membuat game sederhana dengan menggunakan software rpgmaker kreasi sendiri dengan tema ‘energi listrik’ dan menjual CD yg berisi Game ‘Energi Listrik’. Reference : Buku yang relevan.

C. Curricullum  : LEADERSHIP
Learning objective : Siswa mampu berinteraksi bersama teman-temannya dalam melakukan eksperimen dan berdiskusi tentang energi listrik, siswa mempunyai rasa tanggung jawab terhadap alat-alat elektronik yang digunakan secara hemat energi baik di rumah maupun di sekolah. Approach : Experiment, Experience and Role model. Method : Melakukan Outward Bond fun game yang berkaitan dengan rasa tanggung jawab  dan berjiwa pemimpin. Reference  : Buku yang relevan.


D. Curricullum ENTERPRENEURSHIP 
Learning objective : Siswa bisa menggunakan energi listrik untuk melakukan wirausaha yang membutuhkan listrik dan bertema energi listrik. Approach : Experiment, Experience and Role model. Method : Membuat game sederhana dan menjualnya, atau membuat rangkaian listrik sederhana dan menjualnya. Reference  : Buku yang relevan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tags